UBLIK SNEMBA

Ublik SMPN 4 Batu

Naga Mangsa Tanpa Cala

NAGA MANGSA TANPA CALA
(wong kang mrana-mrene ngrasani alaning liyan)

Ini adalah peribahasa yang ditujukan untuk orang-orang suka mencela atau bergosip kesana-kemari. Kata “naga” berarti “ular”; “mangsa” artinya “waktu, setiap saat”; “tanpa” artinya “tidak, tanpa”; dan “cala” berarti “mencela, menista”. Kalau diindonesiakan maka peribahasa ini sama dengan “tiada hari tanpa mencela atau menista”. Orang semacam ini diibaratkan seperti ular (naga) di mana dia memiliki lidah yang bercabang bahkan melebihi ular itu sendiri. Jika lidah ular hanya memiliki 2 cabang, tetapi orang yang semacam ini lidahnya bisa memiliki seribu cabang.

Ketika menemui kelompok A maka dia akan menggunakan cabang lidah yang memuji kelompok A tetapi mencela kelompok B, C, dan seterusnya. Sebaliknya ketika dia berada di tengah kelompok B, maka dia akan menggunakan cabang lidah yang memuji kelompok B, tetapi mencela kelompok A, C, dan seterusnya.

Intinya orang semacam ini hanya “jualan omongan”. Siasat yang dipakai persis seperti devide et impera yang pernah dijalankan oleh Belanda ketika menjajah Indonesia. Jika dalam Pewayangan maka, dia seperti Sengkuni (Sakuni).

Orang dengan karakter “naga mangsa tanpa cala” ini bisa berada di mana-mana. Tidak hanya dalam dunia panggung, tetapi juga dalam dunia nyata. Dia bisa masuk ke semua ranah, mulai ranah politik, sosial, ekonomi, bahkan agama sekalipun. Bahkan konon Sang Adam pun bisa jatuh ke dalam lumpur dosa dan diusir oleh Tuhan dari Taman Eden hanya karena bujuk rayu si iblis yang menyamar menjadi ular berbisa.

Sungguh jika kita menuruti kata-kata orang semacam ini, maka hidup kita akan hancur. Kita akan bermusuhan dengan teman atau bahkan saudara kita. Mereka yang benar-benar baik kepada kita akan kita kira sebagai orang yang akan menjahati kita.

Sementara orang yang akan menghancurkan kita akan kita puja-puja layaknya pahlawan. Oleh karena itu berhati-hatilah dengan orang-orang di sekitar anda yang dalam pembicaraannya dia selalu memuja anda atau setuju dengan anda sementara di balik itu semua dia menaburkan racun-racun permusuhan dengan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UBLIK SNEMBA © 2018